Tips dan Trik Umum dalam menjawab soal ‘Reading Comprehension’

Posted: Mei 14, 2013 in Uncategorized

“Bacaan lagi.. bacaan lagi.. w kan ga hoby baca, mumet banget dah”. Inilah salah satu ungkapan yang biasa di ungkapkan oleh sebagian siswa atau siswi ketika mengahadapi soal bahasa inggris apalagi mau UN. Terlebih lagi klo bacaannya puanjang buanget.. memang benar, hampir 90% UN sekarang mengenai ‘Reading comprehension’. tapi tenang ja sobat… just take it easy, relax and calm down. I’ll give you some tips and tricks to answer reading comprehension questions. let’s see..
1. Baca judul teks, lalu pahami dan pikirkan gambaran isi dengan sangat cepat teks bacaan terlebih dahulu. ingat..!! mikirnya jangan lama”, klo dalam maximal 10 detik kamu masih blank mengenai judul teks, so just follow the next tips.

kenapa penting..?? pikirin deh.. klo kamu sudah tau gambaran tentang isi teks, ngapain juga baca teks secara keseluruhan. contoh: pastinya kamu dah paham klo judul bacaan tentang maling kundang, so langsung saja baca soalnya dan jawab.

2. Nah.. kalo kamu masih asing dan belum ada pengetahuan tentang judulnya, baca dulu soal-soal atau pertanyaannya dengan cepat sebelum membaca teks bacaan. tujuannya biar ga kerja dua kali, klo dah tau soalnya kan kamu tinggal cari jawabannya dan tidak berlama-lama membaca teks.

3. Setelah baca soal, bacalah teks bacaan dengan cepat. ingat… ini hanya untuk mengetahui secara sepintas gambaran isi teks bacaan. so jangan terlena mengartikan arti teks kata perkata.

4. Sambil membaca teks bacaan, ingatlah soal-soal tadi dan berusahalah dengan cepat mencari jawabannya pada saat membaca teks. ssssttt.. ini rahasia ya, klo kamu cerdas. cukup hapalkan saja clue semua soal, jadi ketika kamu membaca bacaan kamu hanya tinggal mencari jawabannya saja.

5. Kerjakan dulu soal-soal yang gampang. intinya.. klo da soal yang gampang, ngapain mengerjakan soal yang susah duluan.

6. Jangan takut dengan kata-kata sulit dalam teks bacaan. Kamu tidak perlu harus mengerti kata demi kata dalam teks.

7. Untuk menjawab pertanyaan yang lebih sulit, carilah kata kunci dalam soalnya lalu temukan kalimat atau alinea yang memuat kata kunci dalam soal itu.

8. Perhatikan dengan baik kalimat kunci atau alinea kunci itu dan berusahalah menjawab pertanyaan tadi.

9. Terakhir, jangan nodai dirimu sendiri dengan menyontek.
GOOD LUCK IN YOUR EXAM…

 

 

By; Matrix MA Ummul Quro

Komentar ditutup.